22.2 C
Provinsi Papua
3 Juni 2023
Hukum & Kriminal

BNN: Lebih mudah didapat dan harganya murah jadi sebab tembakau sintetis marak

TIMIKA, (liputanpapua.id) – Tembakau sintetis dinilai marak peredarannya di Kabupaten Mimika. Hal ini diperkirakan harganya yang relatif lebih murah dibanding jenis narkotika lainnya dan juga mudah didapatkan.

Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten Mimika, Kompol Mursaling, menjelaskan, tembakau sintetis dalam beberapa waktu belakangan jadi kasus yang terus diungkapkan ke publik dan diproses hukum baik oleh BNN Kabupaten Mimika maupun dari Polres Mimika.

Mursaling menyatakan, maraknya tembakau sintetis dikalangan anak muda di Timika dikarenakan harganya yang terjangkau. Selain itu, tembakau sintetis dinilainya mudah didapatkan.

“Oleh karena itu, kita harus menekan. Walaupun mereka yang menjadi sasaran peredaran tembakau sintetis ini anak di bawah umur. BNN dan Polres tetap melakukan pencegahan dan pemberantasan,” ujarnya Jumat (28/1/2022).

Ia menyampaikan dalam hal tembakau sintetis, biasanya bahannya itu berasal dari luar daerah seperti Sulawesi Selatan maupun dari Jakarta.

“Peredarannya melalui pintu udara. Karena bahkan para pelaku ini memesannya dari medsos,” ungkapnya.

Mursaling juga mengatakan salah satu kendala untuk memberantas hal ini adalah dalam hal pelacakan transaksi. Tetapi ia menyatakan tetap akan terus melakukan penyelidikan agar para pelaku dapat terus dicegah perbuatannya dan ditindak. (Rachmat Julaini)

Baca Juga :  Polisi Bekuk Tiga Pelaku Pengedar Narkotika Jenis Sabu

Liputan Berita Terkait