MERAUKE, (Liputanpapua.id) – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) tengah berupaya mempercepat perbaikan layanan TelkomGroup di wilayah Merauke dan sekitarnya. Penurunan kualitas layanan yang terjadi pada Minggu (27/3) pukul 11.21 WIT tersebut disebabkan adanya gangguan sistem komunikasi kabel laut Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) ruas Merauke – Timika pada jarak 289km dari tepi pantai Merauke di kedalaman 59m (segmen laut).
Adapun layanan yang terdampak mencakup layanan suara maupun data fixed dan mobile broadband.
Kepala Daerah Telekomunikasi (Kadantel) Merauke Jitzak kepada sejumlah wartawan mengatakan kini PT Telkom tengah melakukan mitigasi sehingga belum dapat di pastikan ganguan sistim itu terjadi sampai kapan, nantinya apabila telah selesai mitigasi baru akan di kelurkan informasi resmi dari pihak PT Telkom.
“Sampai kapan jaringan telkom akan baik kami belum bisa memastikan karena masih di lakukan mitigasi, nanti kami info apabila sudah ada hasil mitigasi” ujarnya di Kantor Kominfo Merauke, Selasa (29/3/2022).
Dijelaskan, Sejak terjadi ganguan PT Telkom telah mengambil langkah agar masyarakat bisa mendapat layanan voice sudah mulai normal dan berlahan- lahan akan mulai di aktifkan pelayanan paket data Telkomsel yang bisa di akses di beberapa titik di wilayah Merauke itu sebagai komitmen bahwa Telkom berusaha agar masyarakat Merauke bisa menikmati fasilitas yang ada.
“Kami sudah bersuha untuk tetap memberikan pelayanan terbaik, untuk Voice sudah bisa dan ini untuk layanan data internet sudah bisa tapi di beberapa spot saja” tegasnya. (Amie)