22.2 C
Provinsi Papua
3 Juni 2023
Liputan Utama

Meski Hujan Tak Terlalu Deras, BMKG Imbau Masyarakat Berhati-hati Dengan Angin Kencang dan Petir

TIMIKA, (liputanpapua.id) – BMKG Kabupaten Mimika menyatakan secara umum di Indonesia sedang terjadi angin barat yang berlangsung pada Januari tahun ini. Hal itu mengakibatkan hujan yang merata di seluruh wilayah.

Untuk Timika, kata Forecaster BMKG yang bertugas, Sony Hartono, Kamis (13/1/2022) angin barat akan membawa awan yang sifatnya konvektif. Hujan yang dihasilkan dari awan ialah hujan lebat disertai angin kencang dan petir.

“Jangan heran kalau bulan Januari ini ada hujan lebat, ada petir dan angin kencang. Tapi durasi hujannya sebentar, setengah hingga satu jam. Nanti tidak lama hujan lagi,” ungkap Sony.

Angin barat ini, juga disebutnya disertai dengan adanya fenomena La Nina hingga Maret mendatang. La Nina dijelaskan secara simpel yakni pertambahan hujan.

Dampak La Nina meskipun begitu tidak terlalu signifikan di Kabupaten Mimika. “Dari awal Januari ini hujannya biasa saja bahkan terkadang panas. Tetapi belakangan ini baru sering hujan. Yang berbahaya ya itu petirnya karena beberapa hari ini muncul petir,” katanya.

Sony memastikan dengan intensitas hujan seperti ini, minim adanya kejadian banjir di Timika.

“Curah hujan ini tidak tinggi. Memang lebat, tapi hanya sebentar saja. Hanya angin kencang dan petirnya yang banyak. Jadi kemungkinan banjir kayak di Jayapura itu tidak terlalu. Rawan banjir untuk daerah ini itu mulai Juni, Juli dan Agustus karena bulan itu biasanya hujannya banyak,” tutupnya. (Rachmat Julaini)

Baca Juga :  BMKG: Timika Masuk Kategori Waspada Cuaca Buruk disertai Hujan Sore Hari

Liputan Berita Terkait