23.5 C
Provinsi Papua
5 Juni 2023
Kesehatan

Surat Edaran Perjalanan Dalam Negeri Berlaku, Penerima Vaksin Pertama Masih Wajib PCR atau Antigen

TIMIKA, (liputanpapua.id) – Surat Edaran Nomor 11 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Covid-19 dipastikan berlaku juga di Kabupaten Mimika.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold Ubra, Kamis (10/3/2022) menyatakan dengan terbitnya edaran itu, pelaku perjalanan dalam negeri yang sudah menerima dosis kedua dan dosis ketiga atau booster tidak memerlukan hasil swab antigen maupun PCR.

“Kalau masih vaksin dosis pertama masih perlu PCR atau antigen. Tentu dengan masa berlaku yang berbeda-beda,” ujarnya.

Untuk anak usia kurang dari enam tahun, masih memerlukan pengawasan dari orang tua selama menjadi pelaku perjalanan dalam negeri.

“Dengan terbitnya edaran ini juga menunjukkan bahwa relaksasi untuk semua aktifitas masyarakat di Indonesia sudah sangat baik. Dan kalau kita lihat juga Pandemi di Kabupaten Mimika ini masih sangat terkendali,” ungkapnya.

Reynold Ubra menyatakan, sejak ditemukan kasus pertama pada 11 Januari dan puncaknya pada Februari, kasus Covid-19 bisa meningkat hingga 300 temuan dalam sehari.

“Tapi kini sudah turun jadi hanya mencapai sekitar 15-20 temuan kasus per hari. Ini menunjukkan sudah semakin baik (penanganannya) karena ada vaksinasi yang terus berjalan dan masyarakat tetap patuh dengan protokol kesehatan,” jelasnya.

Kebijakan pelaku dalam negeri disebutnya akan meringankan kinerja petugas kesehatan. Tetapi ia juga menambahkan, masyarakat tetap harus waspada.

“Kami di bidang kesehatan akan tetap melakukan screening untuk pasien dengan kunjungan sakit yang menunjukkan gejala-gejala yang mengarah ke Covid-19,” tutupnya. (Rachmat Julaini)

Baca Juga :  KPK Sebut Pimpinan Daerah Tandatangani Pakta Integritas, KPK: Jika tidak, siap diproses hukum

Liputan Berita Terkait